Friday, June 16, 2017

Selebrasi Pemain Bali United Jadi Viral, Media Internasional Turut Beritakan

Selebrasi Pemain Bali United Jadi Viral, Media Internasional Turut Beritakan
Published: Friday, June 16, 2017 | Follow @sepakbolagp to get update

Sepakbola -- Foto aksi selebrasi gol tiga pemain Bali United yang satu sama lain berbeda agama menjadi viral. Media massa internasional seperti kantor berita Reuters pun menyorotinya.

Dalam foto ini, saat merayakan gol, ketiga pemain berbeda agama merayakan gol dengan bahasa tubuh berbeda-beda sesuai dengan keyakinan masing-masing.

"Selebrasi gol bersama para pemain Kristen, Islam, dan Hindu yang bermain untuk Bali United, yang berdoa bersama menurut keyakinan mereka masing-masing setelah gol untuk timnya, menunjukkan bagaimana para sahabat bekerja bersama tak peduli apa pun agama mereka," tulis Reuters mengutip kalimat bek Ngurah Nanak.

Foto Nanak yang beragama Hindu, gelandang Miftahul Hamdi yang beragama Islam, dan striker Yabes Roni yang beragama Kristen, berdoa bersama ketika tim mereka menang 3-1 melawan Perseru Serui bulan ini, seketika viral di media sosial.

"Kami tidak merencanakannya, tapi untungnya itu berubah menjadi pesan positif. Oleh karena itu saya mengharapkan itu punya dampak bagus kepada setiap orang," kata Nanak dikutip Antara.

Pemain berusia 28 tahun itu mengaku bergabung dengan rekan-rekannya dengan berdoa menurut keyakinan Hindu setelah rekan-rekannya yang lain memanjatkan doa dalam gestur berbeda sesuai dengan agama yang dianutnya.

"Saya tak menyangka foto itu viral. Karena kami hanya ingin menunjukkan rasa terima kasih kami kepada Tuhah mengingat kami telah memenangkan pertandingan itu," sambung Nanak yang baru bergabung dengan Bali United musim ini.

Washington Post menyebut ketiga pemain Indonesia menunjukkan "pernyataan politik" di tengah kejadian berbau SARA akhir-akhir ini.

"Tiga pemain bola Indonesia menjadi simbol seperti apa dunia yang lebih damai, dengan selebrasi unik gol yang tertangkap kamera," tulis Marissa Payne dalam tulisannya Rabu (7/6/2017) dikutip BBC.

"Foto ini menjadi penting dalam sejarah Indonesia, di tengah meningkatnya faksi politik Islamis yang kurang toleran dalam bulan-bulan terakhir ini dan mengancam pemerintah Indonesia yang lebih moderat dan sekuler," tulis Payne.

Foto dengan keterangan, "Karena perbedaan keyakinan tidak akan menghalangi kami untuk mencapai tujuan yang sama," dibagikan lebih dari 11.000 kali di akun Facebook Bali United dan mendapat berbagai pujian.

"Subhanalloh adem liatnya klo begini," tulis Mohamad Komarudin dan Mang Tera yang menyatakan, "Moment ini yg sngat di tungggu ketika banyak orang di luar sana yg se akan menanyakan arti dari bhenika tunggal eka, di Bali hal itu sngat lah nyata,"

"Bali is the Best. Bali United kebanggaan masyarakat Bali. Jangan ganggu perbedaan kita sebagai bangsa Indonesia," tulis pengguna lain,I Nyoman Wijaya.

Namun foto merayakan gol dengan bersyukur kepada Tuhan bukan pertama kali dilakukan para pemain Bali ini.

Di beberapa pertandingan, para pemain juga mengungkapkan syukur dengan cara berbeda seusai agama masing-masing.

Bali United saat ini di posisi 7 klasemen sementara Liga 1 dengan 16 poin.*

Tags :

Related : Selebrasi Pemain Bali United Jadi Viral, Media Internasional Turut Beritakan

0 komentar on Selebrasi Pemain Bali United Jadi Viral, Media Internasional Turut Beritakan

Post a Comment

No Spam, Please....!