Friday, August 18, 2017

Jelang MotoGP Inggris: Pebalap Yamaha dan Honda Keluhkan Performa Ban Michelin

Jelang MotoGP Inggris: Pebalap Yamaha dan Honda Keluhkan Performa Ban Michelin
MENJELANG MotoGP Silverstone Inggris, 27 Agustus 2017, para pebalap Yamaha (Valentino Rossi dan Maverick Vinales) dan Honda (Marc Marquez dan Dani Pedrosa) sama-sama mengeluhkan performa ban Michelin.

Marquez menyebut ban belakang Michelin terlalu licin.

"Dibandingkan dengan tahun lalu, keadaan motor Honda di Red Bull Ring sangat berbeda. Saya kesulitan ketika melakukan pengereman karena ban belakang saya terlalu sering tak stabil," ujar Marquez.

"Kalian tentu bisa melihatnya di televisi, tapi saya berusaha keras untuk mengatasi hal ini ketika balapan dan terus menambah kecepatan," sambungnya.

Pada balapan MotoGP Austria, Marquez gagal mempertahankan posisi terdepan yang kemudian dicuri Andrea Dovizioso. Padahal pebalap asal Spanyol tersebut telah menggeber motor RC213V miliknya hingga mencapai batas.

Meski gagal menjuarai MotoGP Austria, Marc Marquez tetap memimpin klasemen sementara pebalap. Pembalap asal Spanyol itu mengoleksi 174 poin atau unggul 16 poin atas Dovizioso yang berada di posisi kedua.

Pedrosa juga mengungkapkan hal serupa. Dia merasakannya selama latihan bebas, yang membuatnya terlempar di posisi ke-15 pada latihan bebas ketiga sehingga harus mengikuti kualifikasi pertama.

Meskipun demikian, pebalap berusia 31 tahun asal Spanyol ini bisa tampil impresif saat balapan. Pedrosa naik podium ketiga, di bawah rekan setimnya, Marc Marquez, dan pebalap Ducati Andrea Dovizioso yang menjadi pemenang.

"Saya mencoba mengatur balapan karena saya tidak begitu merasakan masalah pada ban. Ketika sampai di urutan ketiga saya sudah senang tetapi kemudian ban mulai mengganggu," ujarnya.

"Saya semakin dekat dengan Marquez dan Dovizioso tetapi ban berputar begitu banyak sehingga saat mereka kembali ke ritme balapan, saya tidak bisa mengikuti mereka," kata Pedrosa seperti dikutip dari Crash.

Keluhan serupa dikemukakan duo Yamaha, Rossi dan Vinales. Keduanya mengalami masalah pada ban belakang hingga akhirnya gagal naik podium di MotoGP Austria 2017.

Rossi dan Vinales mengaku mengalami masalah pada ban. Tak ayal, keduanya merasa sulit mengendalikan kuda besinya. Karet bundar pada YZR-M1 tergerus dengan cepat, meski menggunakan ban tipe keras. Alhasil, Vinales dan Rossi yang sempat tampil cepat di awal tercecer dari lima besar.

"Kami tahu balapan di Austria begitu menantang, dan sulit untuk kinerja ban. Kami memutuskan menggunakan ban belakang bertipe keras, tapi harapan kami tak sesuai,” ujar Direktur Tim Movistar Yamaha, Massimo Meregalli. (Crash/Speedweek).*

logoblog

Thanks for reading Jelang MotoGP Inggris: Pebalap Yamaha dan Honda Keluhkan Performa Ban Michelin

Previous
« Prev Post

Related Posts