Arema dan Persib Resmi Dapatkan Status Klub Profesioal dari AFC

Arema dan Persib Resmi Dapatkan Status Klub Profesioal dari AFC
Arema dan Persib Bandung Resmi Dapatkan Status Klub Profesioal dari AFC
Dua klub Liga 1, Arema FC dan Persib Bandung, resmi mendapatkan lisensi dari Federasi Sepakbola Asia (AFC) sebagai klub profesional.

Dalam rilis PSSI tentang klub-klub yang lolos verifikasi untuk mendapatkan lisensi klub profesional dengan standar AFC, baru Arema dan Persib yang dinyatakan lolos berdasarkan hasil sidang Komite Lisensi Klub PSSI, Rabu (25/10/2017).

Tiga klub lain yang diberi kesempatan untuk melengkapi kriteria lisensi adalah Bali United, Madura United, dan Persija Jakarta. Ketiganya diberi waktu tiga bulan untuk melengkapinya.

Ada lima aspek yang harus dipenuhi klub agar mendapatkan lisensi klub profesional, yakni legalitas, finansial, infrastruktur, sumber daya manusia dan administrasi, dan sporting (pembinaan usia dini). Lisensi itu diperlukan agar klub bisa berkompetisi di kancah Asia tahun depan.

Indonesia mendapatkan jatah satu klub untuk tampil di babak play-off Liga Champions Asia (AFC Champhionsips) 2018 dan dua jatah langsung tampil di Piala AFC. 

AFC akan melihat posisi klub yang berada pada peringkat satu sampai sembilan dari hasil kompetisi masing-masing negara. Posisi teratas akan menjadi prioritas dengan syarat harus memenuhi lisensi AFC.

Jika klub juara liga tidak memiliki lisensi AFC, maka jatah play off Liga Champions akan diberikan kepada klub yang berada di peringkat berikutnya yang telah memiliki lisensi AFC. Demikian juga untuk penetapan jatah tiket Piala AFC.

"Untuk pendaftaran kami masih menunggu sampai kompetisi berakhir. AFC memberikan deadline hingga 22 November dan kami akan daftarkan klub sebelum deadline itu," kata Sekjen PSSI Ratu Tisha Destria dalam rilis resmi PSSI yang dikutip Antara.

Klub-klub yang tidak dinyatakan lolos atau keberatan dengan keputusan tersebut, diberikan kesempatan untuk mengajukan banding dalam waktu dua hari ke depan.

Jika mengacu pada jumlah peserta Liga 1 musim ini, berarti ada 13 klub yang tak lolos dalam verifikasi tersebut. Tiga di antaranya adalah klub yang kini menghuni posisi lima besar atau berpeluang besar ke kompetisi Asia tahun depan, yakni Bhayangkara FC, Persipura Jayapura, dan PSM Makassar.

"Kami berharap, klub bisa memenuhi standar yang telah ditetapkan, sehingga mereka bisa mendapatkan lisensi dan berpeluang berpartisipasi di kompetisi level Asia," jelas Tisha.*

Copyright © Sepakbola GP. All rights reserved.
Back To Top