Marquez Bisa Kunci Gelar Juara Dunia MotoGP 2017 di GP Sepang Malaysia

Marquez Bisa Kunci Gelar Juara Dunia MotoGP 2017 di GP Sepang Malaysia
Marquez Bisa Kunci Gelar Juara Dunia MotoGP 2017 di GP Sepang Malaysia
Pebalap Repsol Honda, Marc Marquez, berpeluang mengunci gelar Juara Dunia MotoGP 2017 di MotoGP Sepang Malaysia, Minggu (29/10/2017).

Usai menjuarai MotoGP Australia, Minggu (22/10/2017),  Marquez kini unggul 33 poin atas saingan terdekatnya dalam perburuan gelar juata dunia, Andrea Dovizioso, yang ada di pososi kedua klasemen MotoGP 2017. Sebelum GP Australia, Dovizioso hanya terpaut 11 poin dari pebalap Repsol Honda tersebut.

Berdasarkan hitung-hitungan poin untuk menjadi juara dunia, Marquez hanya perlu finis di posisi kedua pada balapan MotoGP Malaysia. 

Jika bisa meraih minimal podium kedua, Marquez akan menerima tambahan 20 poin sehingga total raihannya menjadi 289 poin.

Andai Dovizioso menjadi pemenang MotoGP Malaysia, maka dia menambah 25 poin, sehingga total raihan poin pebalap Italia itu setelah GP Malaysia menjadi 261. Jumlah skenario poin Dovizioso tersebut akan terpaut 28 dari poin Marquez--dengan asumsi finis kedua--di Malaysia.

Selisih poin tersebut tidak akan bisa diusik Dovizioso, walau dia berhasil memenangi seri terakhir di Valencia dan Marquez gagal finis. 

Klasemen MotoGP 2017

Sebab, poin maksimal yang akan diperebutkan hanya tersisa 25, sedangkan selisih poin Marquez dan Dovizioso--dengan asumsi Dovizioso juara dan Marquez finis kedua di Malaysia--mencapai 28 poin.

Marquez dalam dua musim terakhir selalu gagal meraih podium di Sepang. Musim lalu, Marquez finis di urutan ke-11. Bahkan, musim 2015, Marquez gagal finis setelah terlibat insiden "Sepang Crash" dengan Valentino Rossi.

Karenanya, Marquez menyatakan bakal bermain aman pada dua balapan MotoGP 2017, termasuk di Sepang. 

Taktik tersebut dijalankan demi mengamankan gelar juara dunia yang tinggal selangkah lagi digapai pebalap berjuluk Baby Alien tersebut.

"Saya mengambil terlalu banyak risiko dan sekarang saatnya lebih sabar. Sekarang, saatnya menikmati kemenangan ini," kata Marquez seperti dilansir Crash.

"Sejak besok, saya akan mulai memikirkan tentang Malaysia. Keunggulan ini besar, tapi belum cukup. Anda perlu sabar, seperti pada 2016," sambungnya.

Marquez mengaku telah mengambil banyak risiko pada tes pramusim, latihan bebas, dan beberapa balapan tahun ini. Taktik tersebut bakal diubah pada balapan terakhir.

"Kami tahu Malaysia adalah sirkuit yang sulit pada pramusim. Tapi sekarang kondisi motor kami sangat berbeda. Jadi, kami akan melihat apa yang terjadi di sana. Kami, akan berusaha memberikan maksimal dan berusaha mengontrol diri saat balapan," kata Marquez yang sudah meraih juara dunia lima kali.

"Sekarang saatnya bernapas, tapi juga tenang, karena ada gap 33 poin dan saya merasa senang," kata Marquez.*

Copyright © Sepakbola GP. All rights reserved.
Back To Top