Degradasi Persib Bandung di Liga 1 Diputuskan Komdis PSSI

Degradasi Persib Bandung di Liga 1 Diputuskan Komdis PSSI
Degradasi Persib Bandung di Liga 1 Diputuskan Komdis PSSI
Degradasi tidaknya Persib Bandung dari Liga 1, setelah dianggap Walk Out dalam laga kontra Persija, akan diputuskan Komdis PSSI.

Menurut Chief Operation Officer PT Liga Indonesia Baru (LIB), Tigor Shalom Boboy, langkah Persib yang sempat mogok bertanding yang berimbas keputusan wasit Shaun Evans yang meniup peluit panjang tanda laga selesai pada menit ke-83 sangat mengejutkan.

"Ya, kami sangat menyesalkan apa yang terjadi dalam sebuah pertandingan ini," katanya.

Tigor mengaku akan menyerahkan permasalahan tersebut kepada Komisi Disiplin PSSI.

Bagi Tigor, dalam regulasi Liga 1 2017 juga sudah tertulis jelas terkait sebuah tim yang tak melanjutkan pertandingan. Sanksi dalam pasal 13 yang berbunyi:

Setiap klub bisa dianggap dan dinyatakan mengundurkan diri dari Liga 1apabila: Mengundurkan diri setelah dimulainya Liga 1, atau Menolak untuk melanjutkan pertandingan Liga 1, atau Meninggalkan lapangan atau stadion sebelum selesainya pertandingan yang dijalankan.
"Kalau berkaca dari pasal itu memang demikian (Persib bisa dianggap mundur dari Liga)," terangnya.

Namun demikian, Tigor belum bisa memberikan jawaban kepastian sanksi karena permasalahan tersebut akan dibawa ke Komdis PSSI. Sebab, terkait seluruh pelanggaran regulasi atau disiplin kompetisi, menjadi wilayah Komisi Disiplin PSSI. 

"Kami serahkan ke komdis. Nanti komdis yang putuskan," tandas Tigor dikutip laman JPNN.

Menanggapi ancaman sanksi tersebut, asisten pelatih Persib, Herrie Setyawan, berharap Komdis PSSI bisa melihat lebih dulu dan mengumpulkan data dan fakta pertandingan.

Karena pada pertandingan yang dimenangkan Persija dengan skor 1-0 ini, Persib merasa dirugikan oleh kinerja wasit asing asal Australia, Shaun Roberts Evans. Salah satunya adalah tidak menganggap bola sundulan Ezehciel N'douassel sebagai gol.

Selain itu, pada pertandingan tersebut Persib tidak ada niat untuk WO. Karena pada menit 83 tim pelatih memanggil pemain untuk memberikan instruksi setelah Vladimir Vujovic diganjar kartu merah.

Baca Juga: Wasit Shaun Evan Dinilai Membuat Keputusan Sepihak

"Ancaman degradasi Insha Allah mudah-mudahan enggak (terjadi), makanya saya bicara kalau Komdis harus liat situasinya," kata Herrie di laman resmi klub.

Herrie menuturkan, kinerja wasit Evans harus dievaluasi. Sebagai wasit asing seharusnya dia bisa memberikan contoh yang baik. Mereka ditugaskan di Indonesia agar pertandingan sepakbola di Indonesia bisa berjalan lebih baik dari sebelumnya.

"Wasit asing harusnya lebih memberikan contoh kepada wasit lokal bahwa keputusan-keputusannya tepat. Wasit asing harus memberikan edukasi kepada wasit lokal. Saya gak bicara lisensi tapi dia sudah bisa ke luar negeri berarti punya lisensi (FIFA)," tegasnya.*

0 Komentar untuk "Degradasi Persib Bandung di Liga 1 Diputuskan Komdis PSSI"

No Spam, Please....!

Copyright © Sepakbola GP. All rights reserved.
Back To Top